Senin, 12 Januari 2009

WOW KEREN....


Sekitar 20 wartawan Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri yang membentuk komunitas "blogger" atau "Bintan Island Blogger Community" akan melakukan sosialisasi "web log" atau "blog" kepada pelajar SMA di daerah setempat pada Senin (12/1-2009).
Ketua Panitia "Blogger Goes To School", Syaifullah Pasaribu, Sabtu mengatakan, masih banyak pelajar yang belum mengetahui dan memahami fungsi "blog" yang hanya dapat diakses melalui internet.

"Kami berupaya menciptakan 'blogger' yang handal di kalangan pelajar, yang dapat memanfaatkan fasilitas internet secara positif," kata Syaifullah yang juga wartawan TV One.

Dia mengatakan "blog" merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan tersebut sering dimuat dalam urutan terbalik yaitu isi terbaru dahulu kemudian diikuti isi sebelumnya.

"Namun tidak selamanya demikian," katanya.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Jenis "blogger" berupa politik, pribadi, syair, bertopik, kesehatan, sastra, perjalanan, hukum, penelitihan, media, agama, kebersamaan, pendidikan, petunjuk, bisnis dan pengganggu.

"Panitia pelaksana sosialisasi 'blog' kepada pelajar memiliki 'blogger' pribadi. Isi 'blog' mereka beranekaragam, mulai dari berita terbaru, fotografi, cerita pendek, hasil penelitihan dan pengalaman-pengalaman pribadi yang dituangkan dalam bentuk tulisan," katanya
Dia menyatakan, pelajar juga dapat membentul komunitas "blogger". Komunitas "blogger" terbentuk berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

"Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu," ujarnya.

Syaifullah mengatakan, 'blog' juga dapat dimanfaatkan untuk kampanye politik dan juga program-program media dan perusahaan-perusahaan.

"Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan," tuturnya.

Dia mengatakan, situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai "blogosphere". Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai "blogstorm" atau "badai blog".

Tidak ada komentar: